sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, bu solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di indonesia. beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. saat kembali ke sekolahnya, bu solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain. pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh bu solihat di atas adalah….
Pertanyaan
sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, bu solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di indonesia. beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. saat kembali ke sekolahnya, bu solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain. pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh bu solihat di atas adalah….
A. Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum
B. Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan
C. Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya
D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid
Jawaban yang tepat adalah D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid
Penjelasan:
Dari soal diatas diketahui bahwasanya bu solihat itu setelah kunjungan ke sekolah luar negeri menyimpulkan bahwa mengapa mereka lebih maju, karena materi pembelajaran yang tinggi. Menyampaikan hal tersebut ke para guru untuk turut meningkatkan materi pembelajarannta, hal itu sudah tetap namun jika ingin dijalankan harusnya dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid. Mengingat kebutuhan dan karakter murid itu bisa berbeda dibandingkan dengan yang diluar negeri.
Materi pembelajaran sendiri adalah segala hal atau bahan yang dibutuhkan oleh seorang pengajar untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar di kelas. Materi pembelajaran perlu dipersiapkan oleh pengajar sendiri yang mana harus sesuai dengan metode pembelajaran dan juga tujuan dari pembelajaran. Bahan atau materi pembelajaran bisa berupa media, buku, dan lain sebagainya.
Pengajar harus memastikan bahwa materi pembelajaran itu sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dan untuk hasil yang maksimal, materi atau bahan utnuk pembelajaran harusnya dipersiapka dengan baik sebelum kegiatan pembelajaran di mulai. Selain materi pembelajaran, pengajar juga harus mempersiapkan hal lainnya termasuk lingkungan belajar yang nyaman.
Lingkungan belajar saat pembelajaran yang nyaman akan memungkinkan pembelajaran berjalan sesuai dengan semestinya dan tujuan pembelajaranpun bisa didapatkan. Untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bisa dilakukan dengan seperti memberikan suhu ruangan yang tidak terlalu panas dan dingin. Kondisi kelas yang bersih dan rapi, cahaya yang cukup tidak terlalu terang atau terlalu gelap.
Hal yang harus di persiapkan selanjutnya adanya diri pengajar itu sendiri. Pengajar harus menata dirinya agar bisa siap dan bisa memberikan pembelajaran dengan baik dan lancar. Yang bisa dilakukan oleh seorang pengajar bisa dengan mempelajai materinya sebelum nantinya disampaikan ke peserta didik. Langkah langkah prosedur pengembangan bahan ajar antar lain adalah analisis, perancangan, pengembangan, evaluasi dan revisi.
Materi pembelajaran memang penting sekali dalam kegiatan belajar mengajar. Mengapa demikian? hal ini karena dengan materi pembelajaran itu sesuai dengan tujuan awalnya. Tanpa materi pembelajaran seorang pengajar atau guru akan kesulitan meningkatkan keefektivitasan pembelajarannya ke para siswa atau murid. Begitu juga murid atau siswa tanpa adanya materi pembelajaran, mereka pasti akan kebingungan dan kesulitan dalam belajarnya.
Penggunaan materi pembelajaran juga tidak bisa asal asalan, namun perlu dilakukan pemilihan dengan baik dan tepat. Pemilihan materi pembelajaran yang tepat dimaksudkan supaya seoptimal mungkin dalam membantu siswa dalam mencapai standar kompetensi dan juga kompetensi dasar. Materi pembelajaran juga perlu dikembangkan agar nantinya siswa tidak mengalami kebosanan dalam mempelajari materi pembelajaran.
Materi pembelajaran harus dikuasai sepenuh oleh seorang pengajar, jika tidak akan memberikan dampak yang siginfikan. Apa dampak jika seorang guru atau pengajar tidak menguasai materi pembelajarannya? hasilnya adalah jika seorang pengajar tidak menguasai materinya mereka tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pendidik. Karena itulah penguasaan materi itu memiliki pengaruh positif terhadap komitmen dalam menjalan tugas sebagai pendidik.
Manfaat yang akan didapatkan oleh pengajar dan juga peserta didik menggunakan materi pembelajaran dan jika materi pembelajaran dikuasai sepenuhnya oleh pendidik:
a. Kegiatan pembelajaran jadi lebih lancar dan menarik
b. Peserta didik bisa mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang perlu dikuasainya
c. Peserta didik tidak tergantung sepenuhnya kepada pengajar, dan memiliki kebebasan untuk belajar secara mandiri.
Intinya materi pembelajaran merupakan hal sangat penting sekali. Pertanyaannya adalah bahan ajar atau materi pembelajaran yang baik itu yang bagaimana? Bahan ajar yang baik diantaranya adalah
a. Bahan ajar harus sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar
b. Materi pembelajaran harusnya punya aspek pengetahuan yakni fakta, konsep, prinsip dan juga prosedur
c. Materi pembelajaran harus memiliki materi ketrampilan.
Itulah kurang lebihnya standar materi pembalajaran yang baik itu bagaimana.
Kembali ke pertanyaan awal dimana bu solihat itu pergi keluarga negeri untuk kunjungan sekolah disana, melihat disana baik dan menyimpulkan bahwa semuanya itu disebabkan materi pembelajarannya yang memang bermutu tinggi. Beliau menyampaikan ke pada guru di sekolahnya dan berharap agar materi pembelajarannya ditingkatkan lagi dengan harapan bisa membuat pembelajaran jadi semakin bagus dan murid jadi lebih mudah menyerap pelajaran. Namun untuk mewujudkannya tetap harus sesuai dengan karakter dan kebutuhan murid yang ada di sekolah bu solihat.
Posting Komentar untuk "sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, bu solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di indonesia. beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. saat kembali ke sekolahnya, bu solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain. pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh bu solihat di atas adalah…."